Minggu, 06 November 2011

Fatwa Halal MUI Makin Diakui Dunia

food Jakarta – Sertifikasi halal yang dikeluarkan oleh Majelis Ulama Indonesia semakin mendapatkan apresiasi di dunia internasional. Tak kurang dari 22 negara dengan 48 lembaga keislaman maupun lembaga fatwa internasional telah mengakui dan menerima fatwa halal yang telah ditetapkan MUI.
Konsistensi LPPOM MUI dalam menetapkan sertifikasi halal dan sistem jaminan halal makin diakui oleh dunia. Dalam Silaturahim Syawal dan Halal Bi Halal Idul Fitri LPPOM MUI bersama Komisi Fatwa MUI belum lama ini diselenggarakan, Direktur LPPOM MUI, Ir. Lukmanul Hakim, MSi. mengungkapkan hal tersebut.
Menurutnya diantara negara-negara yang mengakui dan menerima fatwa halal MUI kini termasuk diantaranya negara-negara di kawasan Timur Tengah. Sebut saja Uni Emirat Arab (UEA), yang sebelumnya relatif tidak peduli dengan sertifikasi halal. Bahkan kini Turki, negara sekuler yang pada awalnya sangat melarang simbol-simbol yang bernuansa keagamaan/keislaman, kini juga telah mengakui sertifikasi halal MUI.
Bahkan beberapa waktu lalu, pimpinan MUI dan LPPOM MUI sempat mendapat undangan ke Dubai, UEA. Disana LPPOM MUI diminta untuk melakukan presentasi dan berdiskusi tentang aspek halal dan sertifikasi halal yang telah dilakukan oleh MUI selama ini. Mereka memberikan apresiasi tersebut karena melihat kinerja MUI yang dapat menggabungkan dua apsek sains dan syariah sekaligus. Sehingga kini menjadi sistim jaminan halal yang teruji secara ilmiah dan diperkuat dengan nash syariah dalam ranah kajian Fiqhiyyah.
Selain itu, sistim sertifikasi halal dan sistim jaminan halal yang ditetapkan oleh LPPOM MUI telah pula diterima dan diadopsi oleh 48 lembaga sertifikasi halal internasional. Lembaga-lembaga tersebut antara lain sertifikasi halal di kawasan ASEAN, Australia, Eropa bahkan juga Amerika dan Afrika. Berkenaan dengan hal ini, menurut Ketua MUI, H. Amidhan, MUI kini telah membuat daftar lembaga sertifikasi halal luar negeri yang telah diakui oleh MUI.
(dev/Odi)
dari :
http://www.detikfood.com/read/2011/09/21/141925/1727280/901/fatwa-halal-mui-makin-diakui-dunia?dthlutama
Bookmark and Share

Leave a Reply





tulis gambar diatas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengikut

Arsip Blog